WeCreativez WhatsApp Support
Melayani Desain dan Pemrograman
Silakan informasikan kebutuhan Anda...

Sejak tahun 2010 an, ‘campaign marketing’ yang lebih lanjut saya istilahkan dengan sebutan ‘pemasaran digital’, mulai mewabah, bersamaan dengan dikenalnya istilah social video marketing. Pemasaran digital adalah teknik marketing yang menggunakan media online sebagai alat promosinya. Walau penggunaan media cetak seperti brosur saat ini masih terus dipakai, dunia internet semakin memiliki persentase yang lebih besar setiap tahunnya, dan pastinya nanti dunia pemasaran sepenuhnya akan bersifat paperless, karena mobilitas yang tinggi dan pentingnya internet sudah menjadi gaya hidup masyarakat modern, yaitu penggunaan sosial media dan website. Mungkin orang bisa lupa membawa dompet, tapi jarang mereka melupakan gadget atau handphonenya. Sepertinya internet menjadi kebutuhan primer yang keempat bagi masyarakat modern.  Baik komunikasi, maupun pembayaran sudah menggunakan media gadget.

Kali ini, saya memberikan informasi strategi pemasaran online, tapi mungkin lebih tepatnya lebih membahas pada ciri-ciri tampilan media website bertipe Landing Page sebagai salah satu cara strategi pemasaran online kita. Mengapa? Karena suatu alat akan semakin terasa berguna (efektif dan efisien), jika kita tahu seperti apa alat yang kita butuhkan dan bagaimana cara memakainya dengan tepat. 

Tujuan utama adalah CTA (Calls to Action), disertai kontak informasi yang menonjol, jelas dan singkat.

CTA adalah istilah cara mengajak customer untuk berinteraksi melalui website kita, misalnya setelah menekan suatu tombol akan muncul pop up informasi berlangganan melalui email (mailing list), mengisi sesuatu form (survey form), mendownload sesuatu (something free sample resources ) ataupun langsung chatting kepada kita (direct communication).

Desain yang elegan tapi sederhana dan jelas, antara lain :

  • Posisi ruang konten ( antar baris, antara tepi dengan paragraf) lebih besar daripada website tipe umumnya
  • Kecenderungan rata tengah dengan headline dan ukuran font paragraf lebih besar.
  • Menu ONE PAGE. Yaitu ketika suatu menu diklik, maka fokus area website kita bergeser scrolling down/ up ke area yang diarahkan oleh menu tersebut (scrolling dan bukan loading). Ini sangat penting harus ada, karena customer “bosan scrolling down/up”. Selain itu jika banyak yang ingin Anda bahas, gunakan Menu sebagai gambaran informasi apa saja yang akan mereka dapatkan di website tersebut. Kadang menu dihilangkan dengan alasan supaya customer dapat berlama-lama singgah di website. Hal itu tidak benar, karena konten menarik lah yang membuat customer betah singgah dan pastinya berkunjung kembali.
  • Keseluruhan mementingkan visual dan video yang lebih baik daripada bacaan.
  • Tidak ada halaman lain, selain halaman utama.

Produk / Jasa apa yang ingin diperkenalkan mendapat sorotan lebih jelas.

Idealnya 1 website landing page hanya mempromosikan suatu produk atau suatu layanan saja, agar mudah diSEO dan jelas lebih mudah diketahui asal dan jumlah trafik kunjungan (konversi) customer kita. Evaluasi (usability test-taste and think) berkala tetap perlu dilakukan sebagai upaya meningkatkan konversi kita.

Klimaks pertama di “Alasan harus bergabung/ membeli produk”

Hal ini bertujuan untuk memberikan sugesti kepada customer, yang didukung dengan testimoni gambar dan video.

Klimaks kedua di “Promosi Produk”

Yang dimaksud adalah penawaran suatu produk dengan diskon besar tapi dengan jumlah terbatas, hari terbatas atau dengan fitur waktu mundur (counting down). Tujuannya adalah memancing emosi customer untuk segera bertindak.

There are no comments yet.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked (*).