Masihkan saya benar-benar membutuhkan website ? Para pengusaha online sering mempertanyakan hal demikian. Bukankah keberadaan social media dan marketplace sudah cukup untuk menaikkan penjualan usaha saya ?

Yang menariknya, social media dan marketplace menggali data hasil analisa setiap harinya juga dari analisa search engine terbaik saat ini, yaitu Google. Sedangkan website tetap menjadi hal terbesar yang diperhitungkan oleh search engine tersebut.

Website adalah rumah berciri khas bagi usaha yang Anda awali, sekaligus yang akan Anda kembangkan di masa depan. Anda adalah tuan atas website Anda, dengan kebijakan yang dapat Anda buat sendiri; sebaliknya, social media dan marketplace akan terus berkembang dengan batas aturan kebijakannya sendiri, yang Anda harus ikuti mau tidak mau, kadang bisa memudahkan Anda saat ini, namun tidak jarang juga menyusahkan Anda di kemudian harinya.

Social Media dan marketplace memang sebagai alat layanan dan marketing tercepat untuk mendapatkan penjualan dan terhubung dengan para pelanggan, di saat Anda tidak tahu harus memulai dari mana; namun hanya website sebagai alat komunikasi, yang mampu menampung sekaligus memberikan segala informasi yang diperlukan oleh para pelanggan, berhubungan dengan seberapa besar kepercayaannya kepada Anda, antara lain: seberapa lama jam terbang usaha Anda, lokasi usaha, detil layanan, dan variasi jasa/ produk Anda.

There are no comments yet.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked (*).